Mudah Marah? Kenali 4 Penyebabnya!

MUDAH MARAH? KENALI 4 PENYEBABNYA
Sumber Gambar: Pexels.com

Setiap orang pasti pernah marah karena sesuatu hal yang membuat kemarahan itu keluar dari dalam dirinya. Mungkin karena jengkel dengan tingkah laku seseorang, Perlakuan terhadap dirinya atau bahkan marah karena hal yang sepele. Namun, kadang beberapa orang lebih mudah marah tanpa ada penyebab yang jelas. Suka marah tidak karuan tentu merusak mood orang-orang disekitar anda. Untuk itulah kamu harus mengendalikan dan mengontrol diri sendiri agar terhindar dari marah yang dapat membuat orang lain tidak nyaman serta mengetahui apa saja hal-hal yang membuat seseorang marah. Berikut penjelasan mengenai 4 hal yang menyebabkan seseorang menjadi marah:

1.Kurang Tidur

Sebenarnya masuk diakal juga jika kurang tidur merupakan salah satu penyebab seseorang marah karena orang yang kurang tidur dalam kondisi yang kurang fit sehingga cepat sensitif dan mudah terpancing emosinya. Kurang tidur menyebabkan kewaspadaan dan konsentrasi otak menjadi turun. Maka tidak heran jika tidak tidur setelah berjam-jam seseorang merasa bingung sendiri, sulit berfikir jernih,sulit meningat hingga sulit menerima informasi baru. Alhasil, produktivitas seseorang merosot tajam yang bisa berujung pada stres. Stres akibat tuntutan pekerjaan ditambah dengan efek kurang tidur bisa membuat kemarahan anda meledak bagai bom waktu. Jadi usahakan tidur anda cukup dan teratur untuk menghindari kondisi kemarahan yang tidak di inginkan oleh lingkungan sekitar anda karena kemarahan dapat memicu permasalahan yang lain yang dapat merugikan anda atau bahkan dapat merugikan orang lain.

2.Depresi

Depresi juga merupakan salah satu penyebab seseorang marah. Selain menyebabkan rasa putus asa dan kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya anda sukai. Bahkan, terkadang seseorang yang mengalami depresi dapat merespon suatu hal dengan tindakan dan ucapan yang kasar. Depresi juga mungkin dapat membuat seseorang hal yang berbahaya. Contohnya seperti menyetir mobil dan motor ugal-ugalan dengan kecepatan tinggi. Hal ini tentu berujung  pada kecelakaan, Usahakan anda bersosialisasi dengan orang yang tepat ketika anda mengalami depresi. Jangan sungkan untuk meminta pendapat orang tersebut untuk mengatasi permasalahan yang membuat anda mengalami depresi.


3.Gangguan Cemas

Gangguan cemas atau kecemasan yang berlebihan dapat membuat sesorang kesulitan mengatur emosionalnya. Seseorang yang mengalami kecemasan cenderung berpandanangan negatif terhadap sesuatu, Padahal sebenarnya hal tersebut belum terjadi bahkan berpotensi baik. Akibatnya ketika muncul situasi yang cukup menantang atau ketika terpancing dengan kondisi yang tidak mengenakkan seseorang tersebut meluapkan semuanya dengan kemarahan yang tidak jelas. hal ini tentu tidak anda inginkan bukan? berusahalah untuk mengontrol diri disaat anda mengalami kecemasan dengan menarik nafas dalam-dalam dan memejamkan mata anda sejenak untuk meredam kecemasan yang anda alami.

4.Harapan Tidak Sesuai Kenyataan

Nah, Jika penyebab yang satu ini semua orang orang didunia pasti pernah mengalaminya. Dalam hidup seseorang pasti memiliki harapan mulai harapan yang kecil hingga harapan yang besar. Tetapi ketika kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan harapan hal ini dapat memicu ledakan emosi pada diri seseorang. Contohnya seperti anda menginginkan nilai bagus  pada saat ujian dengan anda belajar maksimal dan mempersiapkan mental dan lain sebagainya. Tetapi kenyataan yang terjadi justru anda mendapatkan nilai yang tidak memuaskan pada saat ujian tersebut. Hal tersebut tentu membuat anda kesal dan jengkel yang kemudian anda ekspresikan dengan kemarahan. untuk itu dalam menjalani kehidupan ini anda harus mengukur kemampuan anda sendiri apa yang anda bisa lakukan dan capai saat ini tetaplah bersyukur karena dengan hal tersebut anda akan belajar dari kegagalan dan bersikap menerima setelah mengalaminya


Comments

  1. Mudah marah?
    Artikel ini cocok jadi solusinya.

    Aku BW lhoooo... Sabar yaa Kakak...

    ReplyDelete
  2. Poin no.4 sering saya alami mas, marah pada diri sendiri karena keinginan gak tercapai.. yaa hasilnya tetap positif, yaitu belajar lebih giat lagi dan pantang menyerah :0

    ReplyDelete
  3. Saya marah kalau....







    LAPAR....






    HAHAHAHA

    ReplyDelete
  4. sangat bermamfaat jangan lupa kunjungi balik ya

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat artikelnya

    Mampir bos hehe
    rx-0unicorn.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. saya suka marah kalau gak diperhatiin.. hihihi

    ReplyDelete

Post a Comment