Sederhana Sekali, Begini Cara Ampuh Kurangi Rasa Kesemutan!

Pixabay.com


Apakah kamu menjadi salah satu orang yang pernah mengalami kesemutan? Seberapa sering  kamu mengalami kesemutan tersebut? Nah, pada artikel ini akan membahas gejala dan penyebab yang dapat membantu kamu agar terhindar dari masalah kesemutan yang tiba-tiba kamu rasakan.

1.Mengonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B
Kekurangan asupan vitamin B juga merupakan salah satu penyebab seseorang kesemutan terutama vitamin B1, B6 dan B12. Mengonsumsi makanan seperti ikan, telur, keju, susu, oatmeal dan makanan kaya akan vitamin B lainnya bisa mengurangi  kesemutan yang sering dialami. Jadi, sangat penting mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B bagi tubuh.

2.Meningkatkan Asupan Magnesium
Ternyata kadar magnesium yang rendah dalam tubuh bisa menjadi penyebab kesemutan. Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi persarafan karena mampu mencegah kerusakan saraf. Makanan yang mengandung magnesium tinggi diantaranya adalah sayuran hijau, pisang, alpukat dan kacang-kacangan.

3.Minum Air Jahe
Jahe salah satu tanaman herbal yang bersifat anti-peradangan yang dapat membantu meningkatkan pergerakan akibat nyeri kronis. Karena itulah jahe mampu mengatasi rasa kesemutan yang dialami pada manusia. Selain menghangatkan jahe juga bisa menstimulasi sistem saraf dalam tubuh.

4.Konsumsi Kunyit
Kunyit memang dikenal sebagai salah satu obat herbal karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kunyit dipercaya dapat mengurangi rasa kesemutan atau bahkan reumatik. Selain itu, kunyit juga dapat menstabilkan kadar gula darah. Saat anda rutin mengonsumsi air kunyit maka rasa kesemutan yang sering dialami akan perlahan menghilang.

5.Melakukan Kompres Menggunakan Air Hangat
Jika sering mengalami rasa kesemutan di beberapa bagian tubuh cara lain yang bisa anda praktekkan secara langsung adalah melakukan kompres menggunakan air hangat pada area yang kesemutan. Hal ini ternyata mampu meningkatkan suplai darah dan membuat otot lebih rileks. Cara ini dapat kamu lakukan selama 5-7 menit. Kamu juga bisa mandi menggunakan air hangat untuk mengurangi ketidaknyamanan.

6.Berolahraga Secara Rutin Setiap Hari
Berolahraga setiap hari seperti joging di pagi hari atau sore hari, bersepeda atau bahkan renang atau olahraga lainnya bisa meningkatkan suplai darah dalam tubuh. Olahraga sangat diperlukan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, olahraga rutin juga dapat meningkatkan mobilitas dan mencegah berbagai penyakit beresiko.

Comments